Cara Ampuh Meningkatkan Kinerja Window XP

Seiring dengan banyaknya software/program yang diinstal di komputer, sering kita merasa kinerja komputer kita menjadi semakin lambat. Hal ini wajar terjadi. Sebenarnya, kinerja komputer bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, baik software maupun hardware. Ada banyak tips yang dapat dilakukan agar kinerja komputer menjadi lebih baik. Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti.
Uninstall program yang tidak dipakai
Meskipun tidak dijalankan, program yang jarang atau tidak pernah digunakan bisa ikut mempengaruhi kinerja komputer. Terutama program yang menyimpan setting di registry. Ini karena setiap kali komputer dijalankan, registry Windows akan di-load ke memori. Dengan demikian, semakin besar ukurannya, memori yang digunakan akan semakin besar pula.
Periksa program-program start-up
Ada beberapa program yang selalu berjalan ketika Windows hidup. Padahal, sebenarnya program-program ini tidak begitu penting atau kurang penting.
Defragmentasi hard disk
Defragmentasi hard disk bisa dilakukan melalui menu Properties > System Tools > Disk Defragment. Tujuan defragmentasi adalah untuk menata kembali file-file sesuai prioritasnya.
Matikan service yang tidak terpakai
Untuk melakukan hal ini diperlukan sedikit pengetahuan tentang komputer. Services adalah program yang dijalankan setiap kali komputer hidup. Program-program ini bisa dilihat melalui Control Panel > Administrative Tools > Services. Jika komputer tidak pernah digunakan online (internet), ada beberapa service yang bisa dinonaktifkan, misalnya Windows Time dan beberapa service lainnya (bisa dibaca keterangannya di samping setiap services). Mematikan service ini perlu dilakukan secara hati-hati. Salah-salah bisa menyebabkan beberapa fungsi Windows yang penting tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Hindari penggunaan skin Windows
Kadang-kadang penggunaan tampilan/skin tambahan Windows bisa mempengaruhi kinerja cukup signifikan. Terutama yang menggunakan software tambahan. Sebaiknya jika ingin tampilan yang berbeda, gunakan saja themes bawaan Windows.
Matikan efek visual Windows
Beberapa efek visual Windows [XP] yang tidak begitu penting bisa dimatikan. Ini bisa dilakukan dengan mengklik kanan My Computer lalu memilih Properties. Di tab Advanced bagian Performance, klik tombol Settings. Matikan efek visual yang tidak begitu penting.
Batasi jumlah font
Banyaknya font berpengaruh ke aplikasi yang menggunakan pilihan font seperti Microsoft Office. Banyaknya font tambahan akan mempengaruhi besarnya memori yang digunakan dan proses loading akan terasa lebih lambat.
Hapus icon di desktop yang tidak penting
Seringkali program yang diinstal di komputer akan membuat shortcut (icon) baru di desktop. Jika kita jarang menggunakan icon-icon ini, lebih baik dihapus saja. Ini bisa sedikit mengurangi pemakaian memori.
Scan komputer dari virus, spyware, trojan, dan sejenisnya
Jika komputer terinfeksi virus, sebagian besar kinerjanya akan menurun, bahkan bisa-bisa komputer menjadi sangat lambat. Oleh karena itu, sebaiknya selalu dijaga agar komputer selalu bebas virus. Jika komputer sering terkoneksi ke Internet, sebaiknya komputer di-scan dari virus, spyware, mallware, dan sejenisnya secara teratur.
Gunakan alternatif software yang lebih ringan
Beberapa software kadang-kadang hanya digunakan untuk beberapa hal yang sederhana. Sebagai contoh, banyak yang menggunakan ACDSee hanya untuk melihat-lihat gambar atau foto saja. Jika hanya ingin melihat-lihat gambar dalam format standard, Anda bisa memanfaatkan fasilitas bawaan Windows.
Gunakan software tune-up, defragment, dan sejenisnya.
Jika Anda kesulitan melakukan optimalisasi sistem secara manual dan ingin cara yang lebih mudah, gunakan program-program khusus untuk tune-up, defragment registry, dan sejenisnya yang banyak bertebaran di internet.
Upgrade hardware
Jika memiliki dana tambahan dan spesifikasi komputer masih pas-pasan, Anda bisa meng-upgrade hardware seperti memori, CPU, atau VGA. Upgrade memori dan CPU biasanya memberikan pengaruh yang signifikan.
Instal ulang
Kadang-kadang sistem tetap terasa sangat lambat dan sudah terlalu penuh dengan program yang jarang dipakai. Meskipun sudah dioptimalisasi, masih saja lambat. Jika seperti itu, mungkin instal ulang adalah solusi terbaik. Sistem yang lebih “fresh” biasanya memiliki kinerja yang maksimal.

Leave a Reply

Sobat sedang berburu backlink? Silahkan berkomentar sebanyak-banyaknya karena blog ini dofollow. Sobat boleh berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.