Tips Membeli android second


Ingin membeli perangkat android namun budget anda terbatas? Salah satu solusinya adalah membeli perangkat android second / bekas. Pada artikel  ini, mari kita berbagi tips apa yang harus diperhatikan ketika membeli anda hendak membeli android second

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membeli android second:


-GARANSI
Apakah masih ada garansinya, ex garansi atau garansi sudah tidak ada dikarenakan telah dibongkar. Jika sudah tidak ada lagi garansi, maka coba pertimbangkan, jika katanya masih ada, maka turut juga anda minta kartu garansinya dan cek, benar masih ada atau tidak.


-CEK IMEI 
Pastikan nomor imei perangkat android sama dengan nomor imei di kardus. Bisa dicek dengan *#06#, juga IMEI pada stiker yang tertempel di belakang perangkat.


-CEK KONDISI FISIK HP
Pastikan hp Android second yang akan dibeli mulus tanpa banyak goresan. Lihat juga label dan stiker hologram di bagian belakang HP, untuk melihat apakah sudah pernah diservice apa belum? Jangan melihat handphone dari luar saja, handphone android bekas yang di jual, biasanya memiliki casing yang bagus atau masih cantik, menarik memang, tapi anda tidak tahu bagaimana isinya, untuk ini, coba minta kepada penjual untuk menunjukkan bagian dalam atau isi dari perangkat tersebut, dengan cara membuka casing, lihat isinya. Perhatikan label atau tanda original di setiap mur HP jika sudah tidak ada lagi atau sudah terbuka, itu artinya itu HP sudah pernah di bongkar ulang, dan ada baiknya juga anda tanya langsung tentang spesifikasinya.



-CEK KONDISI BATERAI
Pastikan batereinya original dan menggembung atau tidak. Apa pun ceritanya, sebagus apa pun aplikasi di handphone bekas tersebut, namun jika memang baterai sudah tidak maksimal lagi daya penyimpanannya, maka untuk apa semua itu, maka perhatikanlah bagaimana kualitas baterai tersebut, jika sudah rusak silahkan anda nego, anda yang beli dengan harga kurang, atau penjual yang akan memberikan baterai kepada anda, karena perlu anda ingat perangkat android memerlukan asupan daya yang relative besar.



-CEK PANGGILAN
Cobalah gunakan HP untuk panggilan keluar dan masuk, pastikan suara dapat terdengar dengan baik dan mic dapat berfungsi. Pastikan juga speaker bekerja optimal pada suara minimum ataupun maksimum.


-BERLAGAKLAH SEPERTI SUDAH BERPENGALAMAN
Para penjual biasanya memperhatikan bagaimana tingkah konsumen, jika masih nampak bingung, maka penjual akan mengatakan ini itu, namun, jika anda berlagak sepertinya sudah paham akan handphone maka penjual akan memberi harga normal, dan tidak akan terlalu membual kata.


-HARGA PASAR
Harga pasar, inilah yang menjadi syarat utama membeli hp bekas untuk harga di setiap toko pasti berbeda-beda untuk patokan harga anda bisa lihat di iklan baris atau tabloid atau forum jual beli kemudian samakan dengan harga di toko. Terkadang harga mempengaruhi oleh kondisi HP, pada HP yang sama jika kondisi lebih bagus, biasa harga akan sedikit lebih mahal, memang semua orang suka dengan harga murah, namun jika terlalu murah dari type atau kategory ponsel yang ingin anda beli tersebut. maka anda tanda “?” didalamnya, nampak dari luar oke karena casing bagus, harga di beri sangat murah, maka siap-siap dengan keadaan mesin atau spareparts HP yang memang sudah murahan, namun terkadang ada juga penjual yang nakal dengan menjual lebih mahal.



-SIGNAL
Signal, merupakan nyawa dari sebuah handphone, sebagai contohnya kasus di hp android adalah terjadi no signal kerusakan sinyal untuk penggantian sparepart-nya mungkin relative mahal. Namun banyak diakali dengan diservis dengan cara mengangkat sinyal tersebut untuk sementara waktu lalu di jual. Untuk mengecek sinyal ada cara yang ampuh yaitu menggunakan kartu dengan signal terjelek dan terbaik di daerah anda membeli jika sinyal terlihat naik turun terlalu lama untuk kartu dengan signal terbaik mungkin sinyal perlu dipertanyakan, dan untuk kartu terjelek jika tidak mendapat signal sama sekali itu juga perlu dipertanyakan. Selain itu cobalah search secara manual, lihatlah ada berapa operator yang nampak disana.



-SURVEY
Pelajari panduan terkini. Panduan harga Handphone akan menghindarkan anda dari membayar Harga HP melebihi dari pasaran. Panduan harga dapat anda temukan di koran, media yang banyak memuat panduan harga ponsel second seperti koran atau situs dan forum yang memuat secara lengkap Daftar Harga HP Second. Pelajari datanya dan sesuaikan dengan kemampuan kantong anda untuk membeli yang sesuai type android yang anda inginkan, selain itu khusus untuk android CDMA yang inject pastikan signal di daerah anda tercakupi, karena jika anda salah memilih operator maka anda akan repot inject lagi.


-TESTIMONIAL PENJUAL
Maksudnya disini adalah, lihat bagaimana kemungkinan anda dengan penjual akan bertemu kembali, misalkan saja, dikemudian hari kesepakatan dan keadaan hp android tersebut tidak sesuai dengan yang anda harapkan dan dikatakan oleh penjual, maka dengan gampang anda bisa membicarakan masalah anda kembali dengan penjual tersebut, dan juga ketika hp mendapat masalah dan masih dalam rentan waktu garansi "toko" maka anda dapat claim dengan mudah. Oleh karena itu amatilah terlebih dahulu dan tanyakan tentang testimonial dari penjual apakah rekomended seller atau penjual yang nakal dan licik.

-CURIGA
Hati-hati apabila anda ditawarkan seseorang sebuah Ponsel Second apalagi apabila yang ditawarkan terasa murah sekali baik di counter maupun dijalan. Memelihara rasa curiga akan lebih baik daripada anda membeli barang hasil tindak kejahatan atau semacamnya.


-LAKUKAN PENGETESAN SEDERHANA
Berikut kode-kode untuk melakukan pengetesan
LCD Test
LCD Test adalah sebuah cara yang difungsikan untuk memeriksa kondisi kualitas layar pada Android second itu. Anda bisa mempergunakan kode *#*#0*#*#* untuk mengecek kondisi LCD pada Android second yang akan dibeli tersebut. Sesaat setelah kode tersebut dimasukkan, Anda akan dihadapkan pada tombol pilihan warna-warna Red, Green, Blue, Receiver (White), Vibration (Black), Dimming, Megacam, Sensor, Touch, Sleepmode, Speaker, dan Sub Key. Anda bisa mengecek kondisi LCD Android second tersebut dengan parameter yang dimunculkan tadi. 
Memeriksan Kondisi Layar
Pengecekan kondisi layar berlaku untuk Android second yang mempergunakan layar touchscreen dalam penggunaanya. Anda bisa memfungsikan kode-kode berikut untuk mendeteksi kondisi kualitas layar yang akan dibeli. Kodenya adalah *#2664#, sesaat kode tersebut dimasukkan layar Android second tersebut akan berubah menjadi layar hitam. Setelah itu gerakkan dan lakukan sesuatu pada layar tersebut, sesaat kemudian akan ada garis merah. Jika garis merah tersebut putus, bisa dipastikan kondisi layar tersebut sudah tidak dalam kondisi baik lagi. 
Touchscreen Version
Pengecekan selanjutnya bernama touchscreen version, yaitu sebuah pengecekan terkait dengan firmware version dari Android second tersebut. Anda bisa memastikan dan mengetahui Android second tersebut dalam posisi firmware version apa. Dengan Anda mengetahui kondisi firmware version dari Android second tersebut, Anda akan semakin terbantu pada saat update firmware secara online. Kode yang bisa Anda pergunakan adalah *#2663#. Sesaat kode tersebut diketik, Anda akan dihadapkan pada jendela munculan informasi firmware version dari Android second tersebut. 
Version
Hampir sama dengan pengecekan di atasnya, kode berikut ini bisa digunakan untuk mengetahui versi dari Android second tersebut. Mulai dari firmware, waktu pembuatan, dan change list dari ponsel tersebut. Kodenya adalah *#44336#. 
Melody Test
Pengecekan ini difungsikan untuk pengecekan kondisi suara yang diperdengarkan. Biasanya banyak kasus terjadi speaker pada Android second tidak berbunyi, dengan berbagai alasan apakah itu sering terjatuh dan lain sebagainya. Dengan pengecekan ini Anda bisa mengetahui kondisi kualitas speaker Android second itu. Kode yang bisa Anda pergunakan adalah *#0673#. Setelah menekan kode ini, Anda akan melihat tombol-tombol pilihan seperti tombol Speaker_on, Receiver_on, Headset_on Left, Headset_on Right, Receiver_Headset_on Left, Receiver_Headstet_on Right, OFF, dan EXIT. Anda bisa mencoba semua musik dasar tersebut untuk mengecek kondisi speaker. 
Device Test
Difungsikan sebagai pengecekan perform dari device tersebut, untuk kode *#0842# ini sendiri dipergunakan untuk mengecek kemampuan getaran Android second tersebut. Dengan kode ini pula Anda bisa mencoba mode getaran yang biasa diujicobakan. Jika mode getar tersebut tidak berfungsi pada diujikan, berarti vibration pada Android second tersebut mengalami error atau seringkali terjatuh sehingga vibration-nya tidak bisa berfungsi. 
Bluetooth Test
Dan yang terakhir untuk melengkapi pengecekan Android second ini adalah pengecekan kondisi koneksi data. Anda bisa mempergunakan kode *#232337# untuk mengecek kondisi Bluetooth yang ada, sekaligus mengecek Device Address yang ada di dalamnya.


-CEK SENSOR, FITUR SERTA SOFTWARE
Seperti layaknya android, telah dibenamkan beberapa fitur dan sensor. Untuk melakukan cek sensor anda dapat menggunakan aplikasi untuk cek sensor, banyak sekali aplikasi pada play store yang dapat anda gunakan untuk cek sensor apakah berjalan dengan baik, selain itu cek juga software apakah software khususnya ROM bermasalah?


-CEK KELENGKAPAN
Setelah anda memastikan kondisi hp android baik, kini cek kelengkapan dari perangkat tersebut. Beberapa hp android secara default disertakan kelengkapan seperti charger, kabel HDMI, atau kelengkapan lainnya. Jangan sampai ada yang tertinggal kelengkapan tersebut agar anda dapat menikmati hp android anda dengan sebaik-baiknya.



-TAMBAHAN
 Saran saya jangan sampai anda salah memilih dan selalu lebih teliti sebelum membeli agar anda tidak rugi.

23 Responses so far.

  1. makasih gan buat informasinya yah, semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja yah dari saya ,,,

  2. farih says:

    Terima kasih banyak infonya, cukup banyak dan bermanfaat

  3. thank's gan infonya, smoga bermanfaat bagi kita

  4. saya jadi tau ternyata begitu cara membeli hp bekas, thank's ya gan

  5. thank''s dag, smga semoga tidak tertipu jika membeli hp bekas

  6. obat dare says:

    makasih gan ats infonya

  7. oh jadi beli hp bekas juga harus jels spesifikasinya, thank's gan

  8. maksih banyak atas informasinya gan,

  9. wah informasinya sangat bagus sob, makasih

  10. obat asma says:

    makasih banyak sob atas infonya

  11. informasinya bagus sekali gan, makasih

  12. terima kasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers...

  13. terima kasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers..

  14. Unknown says:

    nais infoh gan...

  15. info bagus, gan. Bagi yang mau iklanin jual beli hp baru atau bekas bisa klik IklanGratis 21.Com
    Thanks

  16. Unknown says:
    This comment has been removed by the author.
  17. Unknown says:

    good gan...thanks buat infonya
    tpi cukup liat di *#0*# aja gan supaya tidak terlalu susah buat afalin kodenya

  18. terima kasih om infonya :)

  19. Wow Mantap Min

    Terima kasih atas info-infonya min :)

  20. Anonymous says:

    Anda Hobby Main Judi Bola Online ???
    Tapi Bingung Memilih Agen Bola Terpercaya yang cocok...


    Tunggu Apa lagi segera bergabung bersama kami... Di 3Bola.com
    Berapapun kemenangan anda pasti di bayar....

    Untuk Info Lebih Lanjut Melakukan Deposit, Withdraw, Register Dengan Super Cepat Dan Tentunya Memuaskan.

    * Bbm : d1e0796e
    * Whatsapp : +855964070813
    * YM : cs.3bola

  21. ayo dapatkan promo besar di F|A|N|S|P|O|K|E|R|^^
    kami menyediakan free chip setiap 1hari 1kali deposit
    bonus rollingan 0.5% yang di bagikan setiap hari senin
    dan bonus refferal 20% yang di bagikan setiap hari kamis
    ayo ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami :* :*

Leave a Reply

Sobat sedang berburu backlink? Silahkan berkomentar sebanyak-banyaknya karena blog ini dofollow. Sobat boleh berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.