Hal yang sering ditanyakan oleh Android Pemula

BloggerCungkring - Inilah Hal yang sering ditanyakan dan Perlu diketahui oleh Android Pemula .Apakah anda salah satu pengguna Android yang masih baru merasakan fitur dan kinerja Android itu Bagaimana!? Anda akan menemukan banyak keunggulan dari pada OS Smartphone yang lain. Ponsel yang memiliki OS Android sudah mudah kita temukan dimana-mana. Sudah banyak juga Handphone yang menggunakan Operating System ini, contohnya punya saya Samsung Galaxy Young yangJenis Versi OS Android 2.3 Gingerbread. 



Operating System Android | Berita Informasi Terbaru dan Terkini


Pada Informasi Terbaru ini saya akan memberikan Trik dan juga Informasi penting mengenai OS ini, dimana para Pengguna Pemula nya sering kebingungan sama seperti saya sebelum mengetahui Info ini. Bagi anda yang mungkin sering menagalami Masalah dan sering Bertanya-tanya seperti yang saya ulas di bawah ini maka akan saya berikan bagaimana cara mengatasinya. Langsung saja anda baca di bawah ini. 

1. Android terus menerus menyedot Pulsa, Apa yang harus di lakukan? 

Jika anda mengalami masalah ini, maka anda perlu masuk ke Menu Setting Wireless & Network -> Mobile Network Setting. Hilangkan tanda centang di bagian Data Enabled. Hal tersebut akan membuat Android Anda sama sekali tidak terkoneksi dengan internet. Jika ingin terhubung kembali, tinggal bubuhkan tanda centang kembali. 

2. Apakah saya bisa Menginstal File di luar Google Play? 

Jawabannya adalah Bisa. Masuklah ke Menu Setting Application. Bubuhkan tanda centang pada menu unknown source supaya aplikasi yang berasal dari luar Google Play dapat di instal. Masukkan file instaler android (bisanya berekstensi apk) ke dalam memori ponsel atau kartu memori yang terdapat dalam ponsel. Dengan menggunakan aplikasi pencari file seperti ES File Explorer (free bisa diunduh di android market), buka file installer tersebut, maka proses instalasi akan langsung berjalan. 

3. Bagaimana Cara Upgrade sistem operasi secara langsung dari Ponsel Android? 

Beberapa ponsel android memiliki fasilitas instal langsung via internet (OTA - Over The Air). Silakan masuk ke menu setting about phone, kemudian tekan menu system updates. Jika ada upgrade android terbaru, ponsel Anda akan langsung melakukan instalasi. Fasilitas ini kemungkinan tidak terdapat di semua Jenis Android. 

4. Bagaimana cara menggabungkan kontak Facebook dan Twitter saya dengan kontak yang ada di ponsel? 

Pastinya Anda akan lelah jika harus menambahkan satu per satu secara manual. Cara termudah adalah masuk ke menu setting account and Sync kemudian pilih akun yang akan disinkronisasikan dari daftar akun. Selanjutnya pilih sync contact. Selain Facebook dan Twitter, Anda juga bisa menambahkan contact dari akun lain misalnya dari aplikasi WhatsApp dan Yahoo!. 

5. Bagaimana supaya Android saya tidak Boros Baterai? 

Banyak cara yang bisa Anda upayakan supaya tenaga baterai tetap awet. Matikan Live Wallpaper, matikan widget yang tak Perlu, aktifkan koneksi internet hanya saat dibutuhkan, non aktifkan Auto Sync pada aplikasi atau jauhkan interval waktu dalam sync. 

6. Darimana saya tahu versi android saya? 

Mudah saja, silakan masuk ke menu setting About the phone. Perhatikan pada menu Android version. Akan terlihat deretan angka yang menunjukkan versi Android Anda. Misalnya 2.3.4 (Gingerbread, milik saya Bro ;D) 

7. Apakah android saya mendukung Format Flash? Bagaimana cara mengetahuinya? 

Cara termudah adalah dengan membuka situs m.youtube.com dan mencoba memainkan salah satu video yang ada di dalamnya. Jika tidak bisa, silakan instal aplikasi Flash Player yang dapat diunduh di Google Play. Jika tidak ada di menu Google Play, atau tidak dapat diinstal, berarti ponsel Android Anda memang tidak mendukung format Flas. Beberapa ponsel seperti Samsung Galaxy Mini sebenarnya tidak dapat memainkan format Flash, namun beberpa developer telah memodifikasinya sehingga akhirnya Galaxy mini memiliki kemampuan tersebut. 

8. Bagaimana Cara mempartisi Kartu Memori? 

Pada prinsipnya, partisi di kartu android bisa 2 tipe yaitu partisi Ext3 (Linux) dan partisi FAT32. Anda akan memerlukan sebuah komputer bersistem operasi Windows, Card Reader (atau bisa juga dengan mamakai ponsel android) dan software MiniTool Partiton Wizard yang dapat diunduh secara gratis Di Sini

9. Saya ingin android saya bisa memainkan beragam format video, bagaimana caranya? 

Anda bisa mencoba menginstal aplikasi video player alternatif seperti QQplayer, Vplayer, atau Moboplayer. Semuanya tersedia secara gratis dan dapat diunduh melalui Google Play. 

10. Apakah Android saya bisa diupgrade ke versi 4x alias Ice Cream Sandwich? 

Ice Cream sandwich butuh spesifikasi hardware yang lumayan tinggi. Mungkin Anda akan kecewa karena android Anda bakal mentok di versi Android tertentu. Untuk mengeceknya, silakan masuk ke Website ofisial dari produsen Android Anda. 

11. Saat menggunakan navigasi Google maps, android saya terkadang tidak menunjukkan lokasi yang semestinya. bagaimana cara mengatasinya? 

Selain memiliki modul GPS, untuk ketepatan penentuan lokasi, sebiaknya Anda juga mengaktifkan koneksi internet. Caranya, masuk ke menu setting Location & security. Kemudian centang menu Use wireless networks dan Use GPS Satelites. Jangan lupa, menggunakan GPS di ruang terbuka akan menambah akurasi dan ketepatan penunjukan lokasi. 

12. Di Google Play, banyak sekali aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Bagaimana saya dapat mengetahui aplikasi tersebut bagus dan layak? 

Di Google Play terdapat menu review, rating dan comment. Juga terdapat catatan berapa orang yang telah mendownload aplikais tersebut. Jika rating dan commentnya bagus, juga jumlah pendownloadnya banyak, berarti aplikasi tersebut cukup populer dan layak pula untuk Anda unduh. Mudah kan? 

13. Foto yang diambil dari kamera ponsel android dapat menyimpan data lokasi (GeoTag). bagaimana cara mengaktifkannya? 

Masuk ke menu kamera setting Tag Location. Settinglah dalam posisi on, maka semua foto yang Anda ambil akan menyimpan info lokasi pengambilan gambar. 

14. Aplikasi facebook untuk android tidak dapat menampilkan status Send Via Android, bagaimana caranya? 

Aplikasi facebook untuk android saat ini memang tidak lagi menampilkan status via android. Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan aplikasi friendcaster yang masih dapat menampilkan status via android 

15. Apakah aplikasi android aman dari virus? 

Aplikasi android terutama yang berasal dari Google Play aman, karena sudah diverifikasi oleh Google dan memiliki sistem pengaman sosial yaitu Comment dan Rating. Yang beresiko adalah aplikasi yang berasal di luar Google Play dan aplikasi yang telah di bajak. 

16. Apakah aman, mencabut langsung kartu memori dalam keadaan ponsel hidup? 

Sebaiknya jangan, karena akan mengurangi umur kartu memori dan membuatnya cepat rusak. Jika Android Anda memiliki fasilitas Hotswap, sebelum mencabut kartu memori, masuklah ke menu setting SD Card & Phone Storage, kemudian tekan menu unmount SD card. Nah, sekarang Anda dapat mencabut kartu memori dengan aman. 

17. Bagaimana cara memindahkan aplikasi dari memori ponsel android ke kartu memori eksternal? 

Silakan masuk ke menu setting applications Manage Application. Disini Anda kaan melihat deretan aplikasi yang telah Anda instal. Pilih salah satu yang ingin Anda pindahkan dengan cara mengkliknya. Jika kompatibel, akan muncul pilihan move to SD card. Tekan menu tersebut, maka apliaksi Anda akan berpindah ke kartu memori. 

18. Bagaimana saya mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan, dan bagaimana cara menghentikannya? 

Untuk versi ICS ke atas, Anda tinggal menekan tombol utama agak lama, maka muncullah aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Untuk mematikannya, Anda tinggal menswapnya ke kiri atau kanan. Untuk versi agak lama, silakan masuk ke menu setting Application. Masuk ke menu running. Setelah loading, akan muncul dagtra aplikasi apa saja yangs sedang berjalan. Untuk mematikannya, cukup tekan menu stop. 

19. Bagaimana supaya android saya aman digunakan saat berkendara? 

Gunakan craddle untuk mobil atau sepeda motor/sepeda. Aktifkan aplikasi Car Home (bawaan android). Meski menunya menjadi lebih terlihat dan mudah digunakan dengan satu tangan, Pulsa tetap tidak menyarankan Anda untuk berkendara sambil berkomunikasi menggunakan ponsel. 

20. Bagaimana saya bisa memberitahu teman tentang lokasi dimana saya berada? 

Anda bisa menggunakan fasilitas Google latitude bawaan Android. Caranya, klik profil Anda di Google latitude kemudian pilih send location to other. 

21. Saya sedang di depan komputer, tidak membawa ponsel android, tapi ingin menginstal aplikasi, bagaimana caranya? 

Anda tetap bisa menginstalnya. Caranya, masuklah ke alamat play.google.com, lakukan login dan pilihlah aplikasi yang hendak Anda instal di ponsel. Klik tombol instal. Selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi apakah Anda benar-benar akan menginstal aplikasi tersebut di ponsel Anda. Setelah Anda benar-benar yakin, klik tombol instal. Maka jika Ponsel Android Anda dalam keadaan hidup dan terkoneksi dengan 

22. Apakah aman mencharge ponsel android terus menerus? 

Sebaiknya setelah penuh, lepaskan ponsel Anda dari charger. Ini dilakukan supaya baterai Anda awet dan tidak cepat menggelembung. Berdasarkan pengalaman, mencharge ponsel ke laptop atau komputer dengan menggunakan kabel data secara terus menerus juga akan menimbulkan efek negatif yang sama. 

23. Bagaimana cara mengatur keamanan ponsel Android supaya tidak sembarang orang bisa membuka ponsel saya? 

Anda bisa menggunakan berbagai fitur keamanan untuk mengunci homescreen Android Anda. Bisa menggunqkan pola (pattern), password, maupun kode angka. Untuk lebih lengkapnya , silakan lihat pilihan pengunci keamanan di menu setting location & security set up screen lock. Beberapa Android terbaru juga sudah memiliki fitur pengenalan wajah. 

24. Bagaimana saya bisa membuka lock ponsel jika saya lupa password atau gambar pattern saya? 

Setelah 5 mencoba tunggu sampai 30 detik, kemudian coba lagi. Jika masih belum mampu mengingat patternnya, akan muncul menu forgot pattern. Masukkan alamat email gmail dan password anda untuk membukanya. 

25. Saya masih khawatir dengan serangan virus Android. Apa yang harus dilakukan? 

Nah, jika Anda masih ragu dan khawatir akan serangan virus, maka Anda punya banyak pilihan aplikasi anti virus di Google Play. Kebanyakan gratis dan beruikuran kecil seperti Netqin, Antivirus Free, Dr. Web, AVG, Anti Viurs Pro, Norton Security, Lookout Security, Zoner Anti virus, Bitdefender dan masih banyak lagi. Silakan pilih mana yang dirasa cocok untuk Anda. Saran saya pakailah Aplikasi yang mempunyai Rating tinggi. 

18 Responses so far.

  1. putri says:

    rating tinggi bayar gk

  2. adi says:

    ok gans terimakasih atas infoormasinya

  3. makasih atas infonya semoga bermanfaat

  4. mkasih sob buat informasinya yah ,,sya suka dengan blog mu sob keren banget ..........

  5. informasinya bagus, makasih...

  6. iya nih, android saya kalau mau download terutama download gambar tidak bisa terdownload data yang di download itu tidak ada, gimana caranya supaya bisa mendownload

  7. thank's sob, saya suka blog anda

  8. informasinya sangat bagus gan, thank's

  9. informasinya bagus, saya suka sob

  10. makasih gan atas infonya

  11. makasih gan atas infonya, semoga bermanfaat bagi kita semua

  12. obat asma says:

    ane suka informasi ente gan,

  13. artikel yang bagus sob, d tunggu artikel lainnya

  14. Ulasan yang sangat menarik

  15. nah hampir semua tips diatas sudah pernah dilakukan dan ya memang android sangat berbeda dengan produk lain, dibutuhkan cara penanganan khusus

  16. Anonymous says:

    Anda Hobby Main Judi Bola Online ???
    Tapi Bingung Memilih Agen Bola Terpercaya yang cocok...


    Tunggu Apa lagi segera bergabung bersama kami... Di 3Bola.com
    Berapapun kemenangan anda pasti di bayar....

    Untuk Info Lebih Lanjut Melakukan Deposit, Withdraw, Register Dengan Super Cepat Dan Tentunya Memuaskan.

    * Bbm : d1e0796e
    * Whatsapp : +855964070813
    * YM : cs.3bola

  17. ayo segera bergabung dengan kami
    di fanspoker^^ karna difanspoker anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar
    ayo tunggu apa lagi segera di add pin bb kami 55F97BD0 || saya tunggu di add nya ya ;) ;)

Leave a Reply

Sobat sedang berburu backlink? Silahkan berkomentar sebanyak-banyaknya karena blog ini dofollow. Sobat boleh berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.