Mengapa ponsel android boros baterai ?


blogspot

Ponsel android merupakan salah satu OS handphone yang paling boros penggunaan baterainya. Itu karena di android begitu banyak background proccess alias aplikasi yang berjalan dibelakang layar sehingga akan banyak menguras suplay baterai itu sendiri.


- Salah satu keunggulan handphone Android adalah selalu “online”. Anda akan mendapatkan notifikasi pesan, data atau informasi baru dari setiap aplikasi yang terinstall di tablet/ hp Android secara instan. Artinya ponsel Android selalu terkoneksi dan melakukan sinkronisasi ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi. Hal inilah yang paling membuat ponsel Android boros baterai.

- Kondisi sinyal jaringan telepon yang tidak menentu di Indonesia semakin memperparah daya tahan baterai Android. Kalau sinyal lemah, handphone akan membutuhkan daya ekstra untuk mempertahankan sinyal tersebut. Selain itu sinyal yang buruk akan membuat koneksi data menjadi lambat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses internet, dan melakukan sinkronisasi

- Spesifikasi yang diusung oleh handphone Android di kisaran harga yang sama, pada umumnya lebih tinggi dibanding handphone yang tidak menggunakan sistem operasi maupun dengan handphone yang menggunakan sistem operasi lainnya. Dengan demikian, wajar kalau baterai bekerja ekstra untuk “menghidupi” hardware Android yang tergolong canggih, misalnya untuk menjalankan processor berkecepatan tinggi atau memberi tenaga untuk menyalakan layar sentuh yang lebar, dll.

- Aplikasi yang terinstall pada handphone Android juga dapat menyebabkan baterai menjadi boros, misalnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan kurang baik (bad code). Oleh karena itu, jika Anda menginstall sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut sering hang dan memunculkan notifikasi force close, sebaiknya segera uninstall aplikasi tersebut.

- Aplikasi yang berjalan di background namun masih banyak menggunakan CPU (processor) juga pasti akan membuat baterai boros. Untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di background namun menghabiskan baterai dapat menggunakan aplikasi bernama “Watchdog Task Manager”

- Selain itu aplikasi-aplikasi, yang menampilkan animasi, misalnya launcher (theme) atau live wallpaper juga akan membuat baterai menjadi sedikit lebih boros karena CPU dibuat bekerja untuk menampilkan animasi tersebut.

- Terlalu sering menggunakan Task Killer. Tahukah Anda bahwa terlalu sering menggunakan task killer juga bisa menyebabkan baterai boros.

- Perilaku pengguna handphone Android juga merupakan salah satu faktor penyumbang terbesar borosnya baterai Android. sebab dengan hadirnya fitur canggih yang tertanam pada ponsel tersebut maka pengguna akan cenderung menggunakannya secara terus menerus tanpa sadar bahwa aktifitas ini akan menguras baterai android anda.

Lantas apa yang harus kita lakukan untuk menghemat agar baterai ponsel android kita tidak boros ?


Nah agar baterai android tidak boros maka kita harus melakukan penghematan yang sedemikian rupa sehingga tidak akan sering malakukan charge baterai setiap saat.
Untuk menghemat baterai ponsel android maka kita perlu melakuan langkah-langkah berikut :

>>Charging
Usahakan saat men-charge batrei benar-benar dalam kondisi low(tapi tidak sampai habis,karena kalau sampai habis bisa menyebabkan battery drop) dan saat melakukuan charging usahakan sampai batrei benar-benar penuh baru di cabut. Ini adalah hal paling dasar dan berlaku pada semua jenis handphone.

>>Task Manager
Gunakan aplikasi task manager baik bawaan andorid maupun aplikasi third party seperti systempanel yang dapat di download di android market. Task manager berguna untuk mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh system. Seperti game, browser, atu aplikasi lainnya yang tidak sedang anda pakai.

>>Toggle Switch
Walaupun aplikasi ini biasanya bawaan handphone android, namun terkadang ada yang tidak menyertakannya. Penting untuk mendownload aplikasi ini untuk mengontrol (on/off) paket data, Wifi, GPS, Blutooth, tathering dengan sangat mudah, karena aplikasi ini memiliki widget khusus yang dapat diletakan di desktop android kesayangan anda.




Matikan GPS,WIFI dan bluetooth kl tidak diperlukan.

Matikan profil getar dan kecilkan suara dering. Getar dan besarnya volume
dering jelas memerlukan energi yang cukup besar.
Tapi bagaimana kl kita membutuhkan getar pada saat-saat tertentu??
pada saat kerja dilapangan misalnya. tp pada saat sedang dirumah tentu
kita tidak memerlukan getar atau suara yang keras.
Solusinya otomatiskan saja dengan menginstal Auto Switch Profile,


Matikan Koneksi data internet jika tidak diperlukan.

Dengan cara menginstall APNDroid, Atau Juice Defender (free di market)
tapi saya pribadi lebih menyarankan install Green Power Premium
bagi yang benar-benar ingin menghemat batrenya!(coba cari di pasar malam)
aplikasinya ringan tapi lengkap dengan aplikasi ini kita dapat mengatur berapa menit/jam skali koneksi data terbuka dan berapa lama koneksi terbuka, aplikasi ini mempunyai mode malam, sehingga pada malam yang telah kita atur waktunya aplikasi ini akan menon aktifkan semua layanan koneksi data.


(Perhatian! Aplikasi ini menyebabkan kita tidak selalu tergubung internet
sehingga layanan Push email!Push messegging, MMS akan berjalan tidak normal)


>>Brightness dan Contrast
Atur kecerahan layar anda seperlunya, jangan terlalu cerah selama anda masih dapat melihatnya, bakan disarankan serendah mungkin untuk daya taha batrei jauh lebih lama. (dengan menginstall toggle switch, pengauran juga dengan sangat mudah dilakukan di desktop).

>>Stabilitas Jaringan Provider
Jika handphone anda menduku 2G dan 3G, cukup setting dengan option ‘2G Networks Only’. Hal ini dikarenakan kualitas jaringan 3G di Indonesia masih belum stabil, sehingga perubahan otomatis antara 2G ke 3G maupun sebaliknya akan cukup meguras daya batrei anda. Jika sekedar telepon, sms, maupun browsing, 2G sudah cukup.


Taruh Handphone di tempat dimana sinyal dpt diterima dengan baik,jika kekuatan sinyal sangat rendah lebih baik posisikan pada flight mode.

>>Uninstall
Hapus program-program yang tidak begitu penting untuk android anda. Aplikasi AtrackDog dapat memudahkan anda untuk memberi tahu aplikasi-aplikasi ynag tidak berguna dan meminta konfirmasi anda untuk menghapusnya.

>>Syncronisasi
Setting manual untuk mematikan koneksi sinkronisasi pada Android gadget
Masuk ke menu Settings > Accounts & Sync > Uncheck Back ground data. Hal ini sangat dianjurkan dalam menghemat baterai dengan mengagalkan sambungan langsung data yang secara otomatis tersinkronisasi dalam Google Service.

Non Aktifkan Auto sync pada aplikasi atau jauhkan interval waktu
dalam sync. mungkin yang biasanya pake interval 15 menit di setting ulang
menjadi 1jam atau bahkan lebih lama lagi.


>>Screen timeout
Settinglah screen timeout agan secara normal. Jangan terlalu cepat atau pun terlalu lama. Normalnya adala sekitar 30 detik – 1 menit.

>>Wallpaper
Minimalisir penggunaan live wallpaper yan telah terkenal menguras daya baterai. Gunakan Standrat wallpaper gambar, bahkana ada yang mengusulkan untuk menggunakan walpaper berupa pattern dengan warna gelap ataupun keabu-abuan,atau pilih wallpaper warna gelap/hitam warna hitam akan memerlukan arus energi yg lebih kecil dari pada warna-warna terang.



>>Matikan Animasi
Tampilan yang beranimasi (bergerak) memang terlihat indah, namun hal tersebut akan membuat CPU bekerja ekstra yang pada akhirnya membuat baterai menjadi boros. Untuk menghemat baterai Android, sebaiknya Anda mematikan semua fitur animasi, misalnya fitur live wallpaper.

>>Kecanggihan fitur Android
Nah setelah mendapatkan refrensi dari sebuah sumber terpercaya, bahwa kita harus megubah pola pandang kita yang windows minded maupun nokia minded tentaf tips nomer 2 di atas, ternyata andorid sudah dirancang lebih canggih daripada yang kita bayangkan.
Untuk menghemat batrerai android secara lengkap baik menggunakan apklikasi maupun tanpa bantuan aplikasi.



>>Gunakan sedikit mungkin Launcher
Semakin banyak launcher akan membebani prosesor dan ram.

>>Pakailah widget seminim mungkin (pilih yg dianggap paling penting)
semakin banyak widget akan semakin banyak aplikasi yg berjalan di background,shingga akan banyak menghabiskan ram yg ujung2nya akan ke daya batrei juga.

>>Usahakan gunakan Aplikasi2 yang mempunyai background warna hitam.
Contoh: chat --> trillian
browsing --> UC browser (night mode)
Facebook --> Tweetdeck
sms --> hancentsms (dengan theme hitam)
explorer --> astro/ root explorer
dll..

>>Lebih selektif dalam menginstall aplikasi yang sekiranya akan berjalan di background.

Sangat Tidak Disarankan!!

1. Selalu Mematikan Aplikasi yang berjalan di background dengan task killer atau Andvance task Killer atau yang sejenisnya. Alasan: System pada android adalah system yang cerdas, dia tau saat dimana dia membutuhkan ram atau tidak, jika dia membutuhkan ram maka scara otomatis dia akan menutup aplikasi yang memang udah tidak diperlukan lagi.
Menutup Aplikasi dengan paksa (task killer) hanya akan membebani CPU dan ram ketika aplikasi itu kembali dinyalakan. ini malah akan membuat batre cepat habis. Itulah yang mendasari mengapa tidak ada exit/close pada aplikasi android kebanyakan.

Masih Diperdebatkan!!
1. CPU Throttling atau menurunkan Clock Speed pada Prosesor. biasanya dengan menginstall Set CPU (root) Sampai saat ini penurunan clock speed prosesor msh diperdebatkan di forum forum android apakah memang efektif ato tidak, ada sebagian yang mengangap cara ini dapat menghemat batre ada sebagian malah mengatakan aplikasi semacam ini gak berguna dan malah membuat batre smakin cepat habis.

Alasan yang mendukung:
- Dengan menurunkan Clock speed otomatis energi listik yg mengalir ke proci akan semakin kecil.
- Terlebih lagi disaat kita tidak sedang membutuhkan proci besar, misalnya pada saat layar dalam keadaan mati atau pada saat tengah malam kita sedang tidur. pada saat itu tentu kita jelas2 sedang tidak memakai tlp jadi buat apa Clock speed sebesar 1 ghz?

Alasan yang menolak:
- Android adalah sebuah platform cerdas, dan semenjak kemunculan enclair (2.1) android mempunyai kemampuan memanagemen proci, ram, batrei dll yang lebih baik. pada saat HP tidak dipergunakan, android secara otomatis akan menurunkan energinya ke proci.
- Aplikasi Set CPU yang selalu terus menerus memantau arus ke proci dinilai malah akan memakan banyak batrei ujung-ujungnya bukan malah menghemat tapi akan semakin menjadi boros.
- Buat apa kita membeli android 1 ghz yang mahal atau dual core namun pada ujung-ujungnya kita malah munurunkan kemampuannya.

Sumber: Berbagai macam

65 Responses so far.

  1. simpel aja menurut saya, di android banyak aplikasi yang selalu on, mobile data dan lain2nya.. terus jaringan 3g.. singkronasi akun, layar yang besar dan pemakaian yang berlebihan itu sangat berpengaruh sama batrai.

  2. terimakasih banyak atas informasinya

  3. saya merasa terbantu dengan informasi ini, terimakasih teman semoga tambah sukses.

  4. Nice post gan, maen ke blog ane ya!
    :)

  5. Hanif says:

    eh ternyata begitu bro alasannya

  6. saya suka mas sama artikelnya keren mas
    thank ya mas buat infonya!

  7. capol says:

    makasih gan buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semau dan semoga ada hikmahnya

  8. terimakasih buat infonya moga bermanfaat

  9. Saya baru tahu nih kalau android baterai nya boros ..
    *hehe maklum gak punya ponsel android*

  10. farih says:

    Mantap nih gan, harus dicoba ^^
    Thanks~

  11. menarik nih, tapi kayanya kembali ke pengguna yah, apalagi kalau usernya seorang gamer..hehe

  12. Terimakasih infonya .
    tapi kalau saya pribadi, lebih memilih ponsel android dengan segala konsekuensinya . :D

  13. senang sekali bisa berada dihalaman yang sangta luar biasa dan terima kasih abnyak atas infonya dan semoga semakin suksek dan maju!!!

  14. halaman yang sangat informatif dan memberikan wawasan serta artikelnya enak untuk dibaca . . .sungguh beruntung berada dihalaman seperti ini dan semoga lebih baik lagi kedepannya!!!

  15. informasi yang sangat menarik untuk disimak . . .terima kasih banyak untuk infonya dan semoga semakin sukses untuk halamannya!!!

  16. terima kasih banyak untuk informasinya saya sangat senag bisa berada dihalaman memberikan banyak informasinya seperti halaman ini!!!

  17. senang bisa berada dihalaman yang sangat informatif ini . . .semoga semakin sukses untuk blognya!!!

  18. info yang disuguhkan sangat menarik untuk disimak dan saya beruntung bisa berada dihalaman luar biasa seperti ini. . .sukses untuk halamannya!!!

  19. menarik banget infonya makasih dan salam bloggers sobb

  20. informasinya sangat bagus, saya jadi tau sekarang alasanya hp saya boros batrey, makasih gan infonya, lanjut teruss!!!!

  21. wah pantesan hp android saya boros batreynya, makasih atas infonya

  22. hado says:

    lengkap sekali penjelasan ente gan,, artikel ane kalah,, hihihihi..
    perlu belajar banyak nih buat "nyaingin blog ente".. :)

    Followback ya gan,, on jadibisa.com aja.. :)
    salam blogger

  23. makasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers..

  24. makasih banyak ya gan atas infonya, slam knal bloggers

  25. artikel yang sangat bagus gan,. maksih banyak atas infonya

  26. banyak pengetahuan yang saya dapat melalui artikel ini, thank's gan

  27. saya baru tau kalau android brosos batrey gara-gari faktor di atas

  28. oh pantas hp saya boros batrery , thank's gan atas infonya

  29. pantas saja hp saya batraynya boros, trimakasih aja gan atas infonya

  30. masaksi gan atas infonya, wawasan dan pengetahuan saya jadi bertambah

  31. wah apakah benar, makasih sob atas informasinya

  32. obat asma says:

    oh jadi itu penyebabnya, makasih gan atas infonya

  33. thank's sob informasinya

  34. informasi yang sangat membatu sekali, makasih sob

  35. mkasih infonya gan,,
    sukses selalu ya,

  36. Android memang boros dalam penggunaan baterai karena banyaknya jumlah aplikasi yang aktif seperti koneksi internet yang selalu terhubung dan aplikasi lainnya.
    Saya sudah memfollow blog ini, artikelnya menarik, saya akan berkunjung kembali bila ada update, senang sekali bila Anda mau memfollow back blog saya. Terimakasih. :)

  37. Anonymous says:

    pake hape 3315 aja baterainya awet

  38. Artikel ini menjawab dengan sangat detil pertanyaan saya selama ini soal batrei android yng slalu minta di cas. Sistemik penjelasannya bro..!! Thanks ya

  39. terima kasih atas infonya

  40. terima kasih
    salam kenal gan

  41. Okeh deh , makasih ya udah mau share nih hehehe

  42. Online adalah penyebab utama setiap hp menjadi boros baterai. baik itu android, blackberry, nokia atau hp apapun yang di background pun selalu dalam keadaan online

  43. Info yang berguna. Makasih atas sharing infonya.

  44. Thanks Gan buat artikelnya
    sangat membantu banget :)

  45. artikel ini persis seperti yang gue alami, gue juga kaya gitu biar baterai android gue gak boros..

  46. Cara Blokir Situs Porno Sipp!! pokoknya artikelnya..bikin iri aja

  47. terimakasih gan,sayajadi lebih tau kenap batre adroid sangat boros..mkasih ya...

  48. terimaksih atas informasinya

  49. FAHMI says:

    sangat berguna untuk blog saya gan

  50. Terimakasih Infonya Gan

  51. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

  52. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, makasih ne ya!! beritanya bagus banget dan sangat menarik di baca siang ini. Ijin share juga ya, terimakasih sekali lagi

  53. pantes saja HP saya sering boros...

  54. makasih info yang bermanfaat ini gan...

  55. /kalo HP ASUS itu suka panas kenapa yaa??

  56. Mas Faq says:

    Bagus gan, dan Banyak juga tips atau cara lain buat menghemat baterai android sob, nggak perlu aplikasi apapun. Cukup lakukan tips sederhana ini aja ...
    http://www.mingkrik.com/2016/08/cara-hemat-baterai-hp-android-tanpa-aplikasi.html

  57. Unknown says:

    aplikasi yang selalu on, mobile data dan lain2nya.. terus jaringan 3g.. singkronasi akun, layar yang besar dan pemakaian yang berlebihan itu sangat berpengaruh sama batrai.

  58. Apakah benar efek dari battery hp yang sudah bocor akan mudah meledak dan terbakar

  59. Anonymous says:

    Anda Hobby Main Judi Bola Online ???
    Tapi Bingung Memilih Agen Bola Terpercaya yang cocok...


    Tunggu Apa lagi segera bergabung bersama kami... Di 3Bola.com
    Berapapun kemenangan anda pasti di bayar....

    Untuk Info Lebih Lanjut Melakukan Deposit, Withdraw, Register Dengan Super Cepat Dan Tentunya Memuaskan.

    * Bbm : d1e0796e
    * Whatsapp : +855964070813
    * YM : cs.3bola

  60. ayo segera bergabung dengan kami di F@N5P0K3R
    mumpung lagi promo besar looo...
    dapatkan bonus free chip, bonus rollingan, dan bonus refferalnya
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabungan dengan kami ya :* ;)

  61. Min mohon informasi nya ya apakah benar jika kita mengisi baterai full di awal pembelian hp maka akan mudah bocor di pemakaian selanjutnya? Soalnya ada situs yang billang kalo ngisi daya baterai di awal beli hp jangan full maksimal 85-90% saja apa benar seperi itu ya min?

Leave a Reply

Sobat sedang berburu backlink? Silahkan berkomentar sebanyak-banyaknya karena blog ini dofollow. Sobat boleh berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.