5 Ganguan Kesehatan Pada Perempuan Yang Harus Diwaspadai

Lima Gangguan Pada Perempuan Yang Harus DiwaspadaiHidup sehat, cantik, dan bahagia adalah impian semua perempuan di dunia, dari segala usia, ras, dan kelompok sosia. Tetapi sayangnya, ada beberapa masalah kesehatan yang mengintai mereka yang lalai menjaga kesehatannya.

Dari berbagai macam penyakit yang potensial menyerang manusia, beberapa penyakit dibawah ini rawan pada perempuan karena prosentasi penderita wanita cenderung lebih banyak dibandingkan pria.
Berikut adalah lima gangguan kesehatan yang rawan menyerang wanita, juga tips singkat untuk mencegahnya.

Depresi

Siapa bilang depresi hanya bisa dialami oleh para pria, terutama mereka yang terlalu banyak bekerja lembur dikantor? Sebuah laporan studi dari The National Institute of Mental Health menyebutkan bahwa sekitar 12 juta orang wanita mengalami depresi (yang telah dikategorikan sebagai gangguan kejiwaan).

Jumlah ini dua kali lipat dibandingkan dengan penderita depresi pria yang hanya sekitar 6 juta orang. Selain itu, seorang psikolog dari US mengatakan bahwa seorang perempuan membutuhkan orang lain dalam kehidupan mereka, sebagai sarana bersosialisasi. Menariknya, apabila sarana sosialisasi tersebut nihil, maka orang tersebut lebih cenderung menderita depresi.
Untuk mencegah gangguan kesehatan ini, disarankan bagi para perempuan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, seperti tetangga atau teman.

Penyakit Jantung

Pada dasarnya penyakit jantung berbahaya bagi pria dan wanita. Namun bagi wanita, sepertinya penyakit ini sangat berbahaya, karena menurut sebuah studi, prosentasi kematian bagi penderita penyakit jantung wanita adalah sebanyak 29%. Namun, studi tersebut lebih lanjut menerangkan bahwa kematian bukanlah masalah terbesar bagi wanita penderita sakit jantung: masalah besarnya adalah kematian dini dan cacat seumur hidup.
Beberapa penyebab penyakit jantung diantaranya adalah kegemukan, rokok dan alcohol, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, memakan makanan bergizi seimbang, menjaga berat badan, dan menghindari rokok dan alcohol adalah langkah penting untuk mencegah penyakit jantung, dan menjadi bagian dari 29% kematian yang disebabkannya.

Osteoporosis

Tulang punggung yang bengkok, sakit punggung dan pinggang adalah beberapa gangguan kesehatan yang umumnya diderita oleh wanita yang berusia lima puluh tahun keatas. Gangguan-gangguan diatas disebabkan oleh osteoporosis atau pengeroposan tulang.Menurut sebuah statistik, di Amerika Serikat gangguan tulang ini setidaknya mengancam 44 juta penduduknya yang kebanyakan adalah perempuan –prosentasinya adalah sebanyak 68%.
Beberapa penyebab umum gangguan tulang ini adalah meningkatnya usia, etnis (dimana para wanita Asia dan kulit putih memiliki kecenderungan osteoporosis lebih besar), kurang vitamin D dan kalsium, dan faktor gaya hidup. Untuk mencegah terjadinya osteoporosis, para wanita sebaiknya memulai hidup sehat dan mengkonsumsi susu tinggi kalsium sejak dini.

Kanker Payudara

Beberapa jenis kanker juga menjadi momok kesehatan bagi para perempuan, dan salah satunya adalah kanker payudara. Salah satu hal yang membuat jenis kanker ini berbahaya adalah dampaknya terhadap fisik dan mental penderitanya. Beberapa sumber kesehatan menyebutkan bahwa dalam beberapa kasus, penderita kanker payudara segera ingin bebas dari kanker ini dengan melakukan operasi pengangkatan payudara.

Padahal, operasi ini merupakan jalan terakhir untuk mengatasi kanker payudara, dimana masih ada beberapa pengobatan medis yang bisa dilakukan. Untuk mencegah kanker ini, para wanita sebaiknya memulai cek-up rutin, sehingga apabila ada gejala dini kanker segera bisa diatasi.

Kanker Rahim/Cervics

Kanker rahim merupakan jenis kanker yang harus diwaspadai, terutama karena ini mempengaruhi 10% usia reproduksi wanita. Beberapa gangguan kesehatan atau fisik yang ditimbulkan oleh kanker jenis adalah nyeri pada perut bagian bawah, kerusakan rahim, dan infeksi rahim. Bahkan beberapa sumber menyebutkan, bahwa kanker rahim dapat menyebabkan kematian.

Menjaga kesehatan dan kebersihan alat reproduksi sangat penting dalam upaya pencegahan kanker rahim. Dan pada dasarnya, mengaplikasikan gaya hidup sehat adalah cara terbaik dalam usaha pencegahan kanker ini dan beberapa gangguan kesehatan diatas.

Jaga kesehatan Anda!
Sumber : Doktercantik.com

8 Responses so far.

  1. Busana Ku says:

    Thq artikelnya, cukup menarik
    http://www.facebook.com/busanaku

  2. Dara says:

    yang depresi ini yang sangat suit untuk kita hindari, soalnya kalo kerjaan padat dan tekanan dari atasan, wuaaaah, grrr... pasti muncul, efeknya pasti sangat tidak bagus ya kawan?

  3. Wah bener tuh gan, ini penyakit yang bisa dibilang berbahaya bagi perempuan. Usahakan agar kalian para perempuan yang tidak ingin terkena penyakit diatas olah raga yang cukup dan makan istirahat dengan teratur. Jika kalian sudah punya anak, khususnya anak perempuan baiknya jaga kesehatan anak anda supaya tidak mendapatkan penyakit diatas ini. Kan kasihan anak perempuan anda kalau sadah besar nantinya, tidak bisa anda ajak jalan dan fashion bareng, sayang dong kalau baju bekas anda yang stylish tidak kepakai gara-gara anak perempuan anda sakit.

  4. Wah betul gan, seorang perempuan atau wanita harus pintar dalam menjaga kesehatan. Soalnya kan yang rentan terkena penyakit kaum perempuan. Kalian para wanita harus rajin berolahraga, setiap pagi setidaknya lari saja di komplek untuk mencegah penyakit-penyakit yang tidak kalian inginkan datang. Lagi kan olahraga sendiri itu murah, daripada kalian ke gym hehe intinya kalian harus bisa menjaga kesehatan kalian. Gak mau kan terkena penyakit mengerikan yang disebutkan diatas? Kalau bisa rutin cek ke dokter.

  5. mau tambahin lagi gan, yaitu penyakit mata minus atau gangguan mata lainnya, kata temen ane sih yang seorang bidan, sang ibu yang akan melahirkan tapi dengan kondisi dengan mempunyai masalah mata, harus melalui operasi sesar. CMIIW

  6. Kista dan keputihan juga harus diwaspadai, Sob. Thanks artikelnya bermanfaat.

  7. hmm... kayanya wanita-wanita karir harus sangat memperhatikan hal ini. terutama para wanita yang memang tinggal di Ibukota jakarta yang jarang dan sulit memperhatikan pola hidupnya. rata-rata dari mereka sih pasti punya asuransi kesehatan sendiri yang sudah di jamin. tapi lebih bagus kalo sehat toh.

Leave a Reply

Sobat sedang berburu backlink? Silahkan berkomentar sebanyak-banyaknya karena blog ini dofollow. Sobat boleh berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.